Inteligensi adalah keahlian memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari, pengalaman hidup sehari-hari.
Multiple Intelligences
Menurut Strenberg (2000;Sternberg, Torff & Grigorenko,1998) mengatakan bahwa murid dengan pola triarkis yang berbeda akan “tampak berbeda” di sekolah. Murid dengan kemampuan analitis yang tinggi cenderung lebih disukai dalam sekolah umum (konvensional). Mereka sering kali mudah menyerap pelajaran dimana guru memberi pelajaran dan murid diberi ujian. Mereka biasanya dianggap murid “pintar” yang mendapat ranking bagus, nilainya selau bagus, nilai baik dalam tes inteligensi dan SAT, dan mudah masuk ke universitas.
Murid yang punya inteligensi kreatif tinggi biasanya bukan ranking atas dalam kelas. Strenberg mengatakan bahwa murid yang kreatif mungkin tidak dapat menyelesaikan tugas pelajaran sesuai dengan harapan guru. Mereka tidak memberi jawaban yang lazim atau tepat, tetapi jawaban yang unik atau aneh, sehingga sering dimarahi atau disalahkan. Guru yang baik tidak akan menghambat kreatifitas murid, tetapi Sternberg percaya bahwa sering kali keinginan guru untuk meningkatkan pengetahuan murid justru menekan pemikiran kreatifitasnya.
Sternberg percaya bahwa hanya sedikit tugas yang murni analitis, kreatif atau praktis. Umumnya tugas membutuhkan kombinasi keahlian-keahlian itu. Misalnya, saat murid menulis ringkasan buku, mungkin seorang murid:
- Menganalisis tema buku
· - Menemukan ide baru tentang bagaimana buku itu bisa ditulis dengan lebih baik,
· - Memikirkan tentang bagaimana tema buku itu dapat diaplikasikan untuk kehidupan orang.
Delapan Kerangka Pikiran Gardner
Howard Gardner (1983,1993,2002) percaya bahwa ada banyak tipe inteligensi spesifik atau kerangka pikiran.
· Keahlian verbal
Bacakan si anak dan biarkan si anak membaca untuk Anda
Mendiskusikan penulis buku dengan anak
Suruh anak mencatat jurnal acara penting
Suruh anak meringkas dan menceritakan ulang cerita yang mereka baca
· Keahlian matematika
Mainkan permainan logika bersama anak-anak
Cipatakan suasana yang dapat member inspirasi anak untuk berfikir tentang dan mengembangkan pemahaman angka
Ajak anak-anak melakukan perjalanan ke lab computer, museum iptek, dan pamrean elektronik
Lakukan kegiatan matematika bersama anak, seperti menghitung objek dan bereksperimen angka.
· Keahlian spasial
Buatlah berbagai macam materi kreatif untuk dipakai anak-anak
Buat teka-teki bentuk sederhana untuk dipecahkan dan suruh anak membuat diagram
Ajak anak kke museum seni
· Keahlian tubuh-kinestetik
Beri anak-anak kesempatan untuk beraktifitas fisik dan ajak mereka berpartisipasi
Sediakan anak tempat untuk bermain
Ajak anak melihat pertandingan olahraga
· Keahlian music
Beri anak tape recorder
Beri kesempatan anak untuk memainkan alat music
Ajak anak menonton konse music
· Keahlian intrapersonal
Dorong anak untuk punya hobi dan minat
Dengarkan perasaan anak dan beri tanggapan
Dorong mereka untuk menggunakan imajinasi mereka
· Keahlian interpersonal
Dorong anak untuk bekerja kelompok
Bantu anak untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi
· Keahlian naturalis
Ajak anak ke museum ilmu alam
Buat pusat belajar alam di kelas
Ajak anak untuk mengumpulkan flora dan fauna serta menggolongkannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar